[ Event Report ] ACOM on International Women's Day - Branding Sukses dalam Berbisnis

by Adelia Farhana
Hai konnichiwa!
Di jaman millenial yang semuanya udah serba digital, tentunya apapun yang kita lakukan itu pasti berkesinambungan dengan digital atau lebih spesifiknya yaitu social media. Misalnya aja kita mau update foto, gak usah nunggu lagi foto itu di cetak di tukang foto terus di masukin album. Gak, gak perlu. Sekarang udah ada cara praktisnya, tinggal masukin aja di album Facebook atau di upload di Instagram. Udah deh foto kamu udah bakal selamanya ada, selama akun kamu gak di hack atau platform tersebut tutup.

Ada lagi nih, biasanya kita jualan itu seenggaknya harus punya toko atau door to door. Nah sekarang udah mudah banget karena jualan udah tinggal masukin di toko online seperti Tokopedia, Shopee, dll. dan gak perlu nunggu lama, orderan bakal masuk. Gampang banget gak sih hidup di jaman now ini?




Kamis lalu (21/03/19) di Harlequin Bistro, Kemang, aku dapat kesempatan untuk datang ke acara A Cup of Moka dalam edisi spesial Hari Wanita Internasional yang ngomongin tentang "Cara Branding Taktis agar Sukses dalam Berbisnis". Temanya seru banget, kan? Disini kita ngomongin tentang cara sukses biar bisnis kita lebih maju dan berkembang, cara promosiinnya, cara brandingnya seperti apa, dan lain sebagainya.




Sebelumnya aku mau ngasih tau nih, apasih A Cup of Moka itu? Sejenis kedai kopi kah? Engga, bukan itu kok. Moka adalah startup penyedia sistem kasir digital Indonesia. Dengan melihat kebutuhan UKM dan juga pelaku bisnis lainnya, Moka menyediakan end-to-end solutions yang dapat digunakan untuk menunjang pelaku bisnis baik dari meningkatkan penjualan, sampai dengan meningkatkan skala bisnis. Dipercaya oleh lebih dari 14.000 bisnis pada lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia.
Moka menyediakan aplikasi Point of Sale (POS) dengan berbagai fitur yang memudahkan pelaku bisnis, serta berbagai macam produk yang mendukung kemudahan bisnis seperti Moka Mobile Payment, Moka Capital, dan Moka App Marketplace.
Jadi intinya, Moka itu mesin kasir yang bisa merekap penjualan dengan mudah dan gampang dipakainya. Dan juga sudah dipakai oleh banyak merchant di Indonesia.




Acara dimulai dengan presentasi tentang branding yang efektif oleh Unity Oktafiagusti dari Revu Indonesia. Bahasannya seru banget menurutku karena kak Unity membahas tentang branding di jaman millenial ini yang menurutnya lebih efektif jika dilakukan di online, bisa berupa endorse dengan influencer / artis, peningkatan mutu konten marketing, partisipasi dengan komunitas, mensponsori acara lokal, maupun dengan review oleh beberapa pihak yang terpercaya; contohnya blogger dan vlogger.




Kemudian, Bayu Ramadhan selaku VP of Brand & Marketing Moka, menjelaskan tentang apa itu Moka, cara kerja Moka itu seperti apa, dan hal yang berkaitan dengan Moka dengan branding.




Disini juga hadir Ir. Nita Yudi, MBA selaku Ketua Umum IWAPI. Apa itu IWAPI? IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) adalah suatu organisasi yang memiliki visi: Untuk memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan di UKM, untuk meningkatkan kemampuan anggota. Mendapatkan akses, untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, pemasaran, dan keuangan. Jadi IWAPI ini bener-bener mewadahi untuk para wanita yang memiliki bisnis dan ingin bisnisnya lebih berkembang dan mau berusaha. Yang menariknya, IWAPI ada sesi ngumpul sesama anggota minimal sebulan sekali loh!




Nah tiba nih di acara utama di ACOM on International Women's Day, yaitu penandatanganan kerja sama antara Moka dengan IWAPI. Moka dan IWAPI menjalin kerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM di bawah naungan IWAPI dalam dua lingkup utama, yaitu melalui produk Moka point of sales (POS) dan program edukasi bisnis kreatif. Produk Moka POS yaitu pemanfaatan solusi operasional melalui teknologi real-time agar pelaku usahsa dapat menjalankan bisnisnya sehari-hari dengan lebih efisien, serta program edukasi bisnis kreatif yang akan berfokus untuk meningkatkan inovasi para womenpreneur

Fokus kerja sama diantara kedua entitas ini berlandaskan pada kesamaan visi untuk memberikan dorongan berupa edukasi kepada pengusaha wanita agar terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya, terutama dengan mengandalkan teknologi. Berdasarkan data World Bank, pengusaha wanita di Indonesia menyumbang 9,1 persen dari total PDB pada 2017 atau mampu menyumbang sampai dengan 100 Milyar Dolar. Kini, pengusaha wanita memiliki 43% dari total Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.



Moka bersama dengan IWAPI menargetkan akan memfasilitasi hingga lebih dari 3.000 womenpreneur di bawah naungan IWAPI skala nasional di sepanjang tahun 2019 ini. Hadir langsung dalam penandatanganan kerja sama, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Ir. Nita Yudi, MBA., mengharapkan inisiatif ini dapat meningkatkan kualitas pengusaha wanita dalam berbisnis. “Dengan Moka selaku startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” jelasnya.




Gak cuma pengukuhan kerja sama antara Moka dan IWAPI aja, masih ada pembicara lainnya yang turut memeriahkan acara, seperti Deputi CEO Fore Coffee - Elisa Sutedja, Founder Buumi Playscape - Erica, Owner Haimimo - Desta Rissasanti, Owner MadForMakeup - Dr. Shirley Oslan. Mereka menceritakan tentang brand masing-masing yang dulunya berkembang hingga saat ini yang sudah dikenal banyak orang, menceritakan juga proses bagaimana lahirnya suatu brand yang mereka naungi, dan juga bagaimana branding yang efektif.




Oh ya, Acara A Cup of Moka ini juga mendapat dukungan dari DBS Indonesia, PT. Pegadaian (Persero), dan juga Revu Indonesia.




Sebagai penutup yang manis, acara ditutup dengan cooking class bersama Putri Habibie, influencer Indonesia di dunia masak membuat banana smoothie dan Pokeball (aku lupa ini cemilan asal mana dan kurang tau penulisannya, mohon maaf jika salah). Nah si Pokeball ini sebenernya cuma nasi yang ditaburi oleh salmon atau tuna segar untuk sashimi. Menarik banget karena aku baru tau ada cemilan ini hihi. Nah kak Putri juga memberikan tips dan trik dalam membuat banana smoothie, salah satunya kalau mau smoothie nya jadi seperti es krim, banana nya bisa di bekukan dulu baru di blender. Menarik banget deh!




Acara nya bener-bener seru dan menginspirasi aku banget yang masih galau mau bisnis dan memulai dari mana dan gimana caranya biar bisa sukses. Aku tentunya juga mau buka bisnis sendiri loh! Apalagi aku sebagai fashion designer, bisa mendesain baju sendiri dan bisa membuat bisnis fashion sendiri. Terima kasih atas ilmunya!


♫ Thank you for coming. Ctrl + C = COPY! ♫

1 comment:

  1. wahh keren seruu nih acaranya, baru tau aku a cup of moka emg mikirnya ke kopi sih wkwk ternyata bukan toh:D

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa mampir ke adelescence.com via PC / website yaah!

Tolong comment sesuai tema postingannya ya! ;3

Terima kasih :3