"Berkawan" dengan COVID-19

by Adelia Farhana
Hai konnichiwa!
Di tahun 2020 ini sudah banyak banget hal yang kita lewati. Gak yang cuma peristiwa alam atau suatu kejadian penting di dunia aja, tapi di Indonesia juga. Di Indonesia yang lebih tepatnya di Jakarta, awal tahun ini sudah diberikan musibah, yaitu banjir. Banjir ini memakan waktu hingga kurang lebih sebulan sampai benar-benar surut dan kembali normal. Gak cuma warga saja yang terdampak, bahkan perusahaan, mall, dan beberapa kantor pemerintahan juga ikut terimbas dalam masalah banjir ini. Butuh beberapa waktu sampai mereka pulih kembali akibat banjir.

Selang beberapa waktu kemudian, kita dikabarkan dengan beredarnya virus COVID-19 di Indonesia. Virus COVID-19 ini pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok bulan Desember 2019. Virus COVID-19 juga merupakan bagian dari coronavirus yang sebelumnya ada Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yaitu suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Coronavirus dapat menyebabkan infeksi saluran napas pada manusia dari mulai batuk pilek hingga yang lebih serius. Yang mengerikannya lagi, COVID-19 ini mudah sekali dalam menular dari manusia ke manusia lainnya.


Dikutip dari halodoc.com, virus penyebab coronavirus, yaitu:
  • Percikan air liur pengidap (bantuk dan bersin).
  • Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi.
  • Menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona. 
  • Tinja atau feses (jarang terjadi)
Untuk COVID-19 sendiri, masa inkubasinya masih belum diketahui pasti, namun rata-rata gejala yang timbul bisa setelah 2-14 hari setelah virus masuk kedalam tubuh. Penyebab awal kenapa Virus Corona bisa muncul ini masih belum bisa dipastikan, namun banyak yang menganggap kalau virus ini munculnya dari hewan, diduga kelelawar.

Untuk gejalanya sendiri, masih dikutip dari halodoc.com, yaitu:
  • Hidung beringus.
  • Sakit kepala.
  • Batuk.
  • Sakit tenggorokan.
  • Demam.
  • Merasa tidak enak badan.
  • Demam yang mungkin cukup tinggi bila pasien mengidap pneumonia.
  • Batuk dengan lendir.
  • Sesak napas.
  • Nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk.
Untuk gejalanya sendiri kemungkinan besar setiap individu berbeda, karena di Indonesia sendiri saja Virus Corona sudah mulai berkembang. Yang awalnya gejala penyakitnya bisa di tinjau seperti yang aku jelaskan diatas, atau bahkan ada juga orang yang terkena virus COVID-19 tanpa gejala. Hal ini sangat meresahkan kita. Apalagi kalau ternyata, kita anak-anak muda sebagai carrier virus namun didalam tubuh kita virusnya tidak aktif, TAPI kita menularkan virus ini ke teman atau bahkan keluarga dirumah. Virus COVID-19 cukup berbahaya bagi anak-anak dan orang tua karena sistem imunnya yang terbatas. Kebayang gak sih seramnya gimana? Jadi, untuk mencegah virus COVID-19 ini kita harus gimana?

Banyaaak banget hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus COVID-19, diantaranya:
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik hingga bersih.
  • Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci.
  • Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit.
  • Hindari menyentuh hewan atau unggas liar. 
  • Membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan. 
  • Tutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu. Kemudian, buanglah tisu dan cuci tangan hingga bersih. 
  • Jangan keluar rumah dalam keadaan sakit.
  • Kenakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan ketika mengalami gejala penyakit saluran napas. 
Beberapa waktu lalu sempat di infokan kalau masker tuh langka saat keadaan COVID-19 ini, kalaupun ada harganya melambung sangat tinggi. Jadi, pemerintah menganjurkan kita untuk memakai masker non-medis, atau yang biasa kita bilang masker kain. Masker kainnya bisa dipakai berkali-kali juga karena gampang dicuci.



Nah, kalau semisalkan kita udah melakukan pencegahan seperti diatas tapi masih khawatir dan mikir "jangan-jangan bisa aja gue kena Corona?!", apalagi tiba-tiba ngerasain gejala yang mirip dengan yang aku jelasin sebelumnya, kamu gak usah panik dan khawatir! Bisa banget kamu coba covid test terdekat di kota kamu! Disini, kita bisa cari beberapa rumah sakit yang menyediakan COVID-19 test beserta harga testnya, bahkan bisa pilih dokter sendiri! Coba buka-buka deh untuk info lebih lanjutnya supaya kamu bisa baca lebih detail.

Oke segitu aja dulu info dari aku. Walaupun sudah masuk fase "new normal" tapi kita tetap harus mematuhi peraturan yang ada ya! Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan, membawa handsanitizer / sabun cuci tangan sendiri, sering-sering cuci tangan juga, selalu pakai masker dimanapun berada, jangan lupa untuk berjaga jarak dengan siapapun minimal 1 meter, dan kalau semisalnya membutuhkan info lebih mengenai COVID-19 bisa banget untuk buka websitenya halodoc karena disana lengkap! Karena, di halodoc ini gak cuma info tentang COVID-19 aja, melainkan penyakit lain juga bisa. Boleh banget menanyakan penyakit yang kamu alami di halodoc, nantinya pertanyaan kamu akan dibalas oleh dokter profesional dari beberapa rumah sakit. Untuk pertanyaannya bisa dilakukan secara online tanpa harus ke dokter atau rumah sakit dulu. Kita juga bisa membeli obat di halodoc loh, mudah dan praktis sekali. Aplikasi halodoc juga udah ada di Appstore dan Playstore biar kamu semakin gampang untuk memakai fitur di halodoc.

Stay healthy and happy~!


♫ Thank you for coming. Ctrl + C = COPY! ♫

2 comments:

Post a Comment

Jangan lupa mampir ke adelescence.com via PC / website yaah!

Tolong comment sesuai tema postingannya ya! ;3

Terima kasih :3